Cool Blue Outer Glow Pointer

Senin, 10 Juli 2017

Cara Membuat Logo Spider-Man

Assalamu'alaikum WR.WB.
 Pada Artikel kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat sebuah logo menggunakan Autodesk 3ds Max 2010. Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.

Dan langsung saja kita memulai langkah pertama dalam pembuatannya.

1. Langkah pertama yang harus kita lakukan tentu saja membuka Autodesk 3ds Max, jika sudah maka akan menampilkan jendela awal sebagai berikut:

2. Dalam membuat suatu logo kita menggunakan tampilan Viewport Front, Wireframe. Yang bisa kita pilih dibagian kanan atas, jika sudah Klik Maximize Viewport Toggle atau bisa dengan keyboard tekan alt+w.

3. Selanjutnya kita pilih Plane lalu drag kedalam lembar kerja.

4. Jika Plane telah dibuat langsung saja tekan F3 pada keyboard, maka akan menjadi seperti gambar berikut ini:

5. Sekarang kita memasukan gambar logo yang nantinya akan kita buat polanya. Hal pertama yang kita lakukan adalah dengan membuka Material Editor dengan cara klik iconnya pada Main Toolbar atau bisa juga dengan menekan M pada keyboard.

6. Lalu pilih Diffuse (kotak kecil yang disebelah kanan) maka akan menampilkan jendela Material/Map Browser, pilih Bitmap dengan cara double klik.

7. Cari file gambar logo, jika sudah klik Open.

8. Kembali pada Material Editor, pilih Assign Material to Selection dan Show Standard Map in Viewport jika sudah dipilih, Close saja jendela Material Editor-nya.

9. Langkah selanjutnya adalah membuat sektsa menggunakan Line, dengan cara klik Shapes pada Command Panel lalu pilih Line.

10. Jika sudah membuat pola dengan Line jika Line yang dibuat kurang rapih bisa mengeditnya dengan Modify atur dengan memilih titik pada garis tersebut lalu bisa memilih aturan seperti Select and Move, setelah Line sudah rapih delete gambar yang tadinya untuk membantu membuat sebuat pola, hingga hasil akhir pola yang dibuat seperti gambar berikut ini:

11. Setelah itu kita pilih/select pola yang sudah dibuat tadi lalu Modify pada Command Panel, ganti Modifier List pada combobox ganti dengan Bevel.

12. Atur Bevel Values Level 1 dengan Height : 14.

13. Select lagi objectnya bisa dengan menggunakan Select by Name lalu pilih nama object tersebut. Lalu edit Material Editor-nya pilih gambar yang akan menjadi warna object tersebut, lalu pilih Assign Material to Selection dan Show Standard Map in Viewport. Jika sudah close jendela  Material Editor-nya.

14. Setelah itu ubah Modifier List pada combobox ganti dengan UVW Map.

15. Atur gambarnya dengan memilih Gizmo pada UVW Mapping hingga sesuai dengan object 3D-nya. Hingga seperti gambar dibawah ini:

16. Tahap akhir yaitu Rendering, langkah pertama untuk Rendering adalah klik Rendering pada Menu Bar lalu pilih Render atau bisa juga dengan menekan Shift+Q pada keyboard.

17. Jika muncul jendela seperti dibawah ini klik Save Image.

18. Tuliskan nama gambar, lalu pilih format jpg. Klik Save.

Dan hasil akhirnya seperti berikut ini :

Demikian lah Artikel tentang Cara Membuat Logo 3D Menggunakan Autodesk 3ds Max 2010, dan tentu saja masih banyak lagi yang dapat ditambahkan kedalam logo tersebut agar terlihat semakin menarik, semoga artikel ini dapat membantu Anda para pemula yang ingin belajar membuat animasi 3D.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Sumber:Zal-Thecnologi.

0 komentar:

Posting Komentar